Aneka Pilihan Wisata Ubud Bali

Wisata Ubud Bali siapa yang tidak tahu dan ingin mengunjungi? Ubud merupakan salah satu desa adat di Kabupaten Gianyar Bali yang lebih dikenal sebagai destinasi wisata. Ubud kerap dijadikan destinasi bulan madu pengantin baru karena suasananya yang begitu tenang dan syahdu.

Apalagi kalau bukan karena panorama yang indah khas pedesaan Bali. Tak ayal, banyak wisatawan lokal hingga mancanegara yang menjadikan Ubud sebagai pelepas penat semasa vakansi.

Selain dikenal memiliki panorama khas pedesaan yang indah, Ubud juga memiliki seni dan budaya yang berkembang pesat. Bisa dikatakan, kesenian dan kebudayaan merupakan denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud, sekaligus daya tariknya yang paling kuat. Sebab, meski wilayah lainnya di Bali juga memiliki banyak seni, namun kawasan Ubud memiliki atmosfer yang berbeda. Bagi wisatawan, kawasan ini merupakan pusat dari budaya Bali yang berpadu dengan alam asli Pulau Dewata.

wisata ubud bali

Di tempat indah ini, banyak sekali galeri-galeri seni hingga arena pertunjukan musik dan tari yang tersebar di segala penjuru desa. Setiap malam, secara bergantian pertunjukan seni digelar untuk menghibur para wisatawan. Hasil seni yang terkenal, seperti seni tari, seni pahat, seni lukis, dan sebagainya begitu dikagumi siapa saja yang datang melihat langsung proses pembuatan hingga utuh menjadi karya seni.

Saking indah dan terkenalnya karya seni dan budaya wisata Ubud Bali, banyak juga pekerja seni asal nagara barat menetap di Ubud. Bersama para pekerja seni lokal, mereka juga kerap meggelar acara seni hingga membuat museum dan galeri. Sebut saja Museum Puri Lukisan yang kini menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Sebagai kawasan pariwisata, Ubud masih memiliki sejumlah daya tarik yang memiliki atmosfer berbeda di setiap sudutnya. Seakan keindahan seni dan budaya sudah menyatu dengan alam indah Ubud yang masih asri. Berikut kami sajikan beberapa “harta karun” terpendam di Ubud Bali yang layak untuk dikunjungi saat vakansi.

Destinasi Wisata Ubud Bali yang harus Dikunjungi

Di bawah ini kami akan menyajikan beberapa rekomendasi destinasi wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata seni-budaya, hingga tempat nongkrong asik di Ubud Bali akan kami sajikan untuk referensi. Yuk, simak selengkapnya!

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan merupakan salah satu destinasi wisata di Ubud Bali dengan lokasi yang cukup tersembunyi. Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi para wisatawan yang ingin merasakan ketenangan dan kesunyian sejenak dari hingar bingar kawasan urban. Bukit Campuhan diapit oleh dua anak sungai yang membentuk lembah-lembah hijau yang rimbun.

Kesunyian ini dilengkapi dengan pemandangan asri bukit-bukit hijau yang lengkap dengan jalur trekking sepanjang 2 kilometer. Di kawasan ini ada juga sebuah pura bernama Pura Gunung Lebah Wisata Bukit Campuhan dibuka 24 jam dan gratis. Namun, jika berencana datang ke kawasan ini, sebaiknya datanglah di pagi atau sore hari. Sebab, pada jam-jam itulah cuaca masih segar dan hangat. Hindari datang pada siang hari, jika tidak ingin terpapar teriknya matahari, karena tidak ada tempat berteduh.

Monkey Forest Ubud

Sesuai dengan namanya, Monkey Forest Ubud yang juga dikenal dengan nama Mandala Wisata Wenara Wana merupakan habitat yang khusus dibuat untuk para monyet. Ada sekitar 4 spesies monyet yang berdomisili di destinasi wisata ini, salah satunya adalah monyet ekor panjang yang terkenal di Bali. Bukan hanya monyet, Monkey Forest Ubud juga merupakan “rumah” bagi ratusan jenis pohon hutan tropis.

Di dalam kawasan wisata Monkey Forest Ubud, terdapat pura bernama Candi Pura Dalem Agung Padangtegal atau Sacred Monkey Forest Sanctuary yang sering digunakan untuk upacara khusus oleh masyarakat Ubud. Perayaan tersebut bernama Tumpek Kandang yang merupakan upacara khusus sebagai bentuk penghormatan pada hewan.

Istana Kerajaan Ubud

Terletak di jalan Raya Ubud, Istana Kerajaan Ubud menjadi sentral kawasan wisata Ubud Bali. Lokasinya berdekatan dengan Pasar Seni Ubud dan Monkey Forest Ubud. Maka, sudah tentu siapa saja wisatawan yang datang ke Ubud Bali akan melihat istana bernama Puri Saren Agung atau lebih dikenal dengan sebutan Puri Ubud ini. Keistimewaan istana ini sudah pasti terletak pada arsitektur khas Bali yang begitu indah dan terawat, serta nilai seninya yang tinggi.

Goa Gajah

Namanya memang Goa Gajah, namun destinasi wisata ini bukanlah tempat konservasi gajah, melainkan sebuah situs candi kuno yang didirikan lebih dari 1000 tahun lalu. Goa Gajah merupakan tempat suci bagi masyarakat Hindu dan Budha di Bali yang masih aktif atau masih digunakan hingga kini.

Ada yang unik dari Goa Gajah, jika umumnya bangunan candi dibuat menjulang tinggi, tidak demikian dengan Goa Gajah. Situs candi yang satu ini dibuat masuk ke dalam tebing. Pada dinding yang terbuat dari batu padas kerasnya, terdapat pahatan indah berupa sulur dedaunan, karang, kera, hingga babi. Tak heran, jika UNESCO memasukkan Goa Gajah sebagai salah satu daftar tentatif warisan dunia.

Baca Juga: Desa Wisata Populer Di Pulau Bali

Air Terjun Tegenungan

Air terjun Tegenungan adalah air terjun setinggi 15 meter yang diapit oleh alam hijau nan asri. Perpaduan hijaunya alam, serta deras dan beningnya air terjun membuat harmonisasi alam yang begitu eksotis. Untuk pemandangan seindah ini, para wisatawan harus menuruni puluhan anak tangga yang meliuk-liuk. Beruntungnya, lokasi destinasi wisata ini sudah terkelola dengan baik, sehingga cukup terjaga keamanan dan kenyamanan aksesnya.

Ada banyak spot foto yang sengaja dibuat pengelola lokasi wisata yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen sepanjang perjalanan dari dan menuju air terjun. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang di air terjun. Namun, saat musim penghujan, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang.

Pementasan Tari Kecak Ubud

Seperti yang telah dijelaskan, Ubud Bali merupakan desa sejuta seni. Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan adalah mengunjung destinasi wisata yang menampilkan pertunjukkan pementasan tari Kecak. Berbeda dengan di Pura Uluwatu yang manampilkan pementasan kecak hanya di satu tempat, tempat pertunjukan tari Kecak di Ubud terdapat di banyak tempat dengan jadwal yang berbeda-beda pula. Sehingga, wisatawan bisa menyesuaikan kunjungannya.

Museum Blanco

Museum Blanco merupakan salah satu museum terkenal dengan atmosfer asik di Ubud. Museum ini didirikan oleh pelukis legendaris, Don Antonio Maria Blanco (Antonio Blanco). Bagi masyarakat awam, nama Blanco mungkin asing. Namun, di mata para pegiat seni dan pelukis, ia merupakan maestro lukis yang dikenal sebagai seniman eksentrik. Di museum inilah, para wisatawan bisa mengenal lebih jauh siapa Antonio Blanco dan seperti apa jiwa seninya.

Itulah beberapa destinasi wisata Ubud Bali yang bisa dikunjungi. Jangan lupa, selalu cari informasi destinasi wisata sebelum dikunjungi.

You May Also Like

About the Author: Vina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *