Tempat Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari – Berlibur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress dari berbagai aktivitas keseharian. Indonesia sendiri memiliki berbagai wisata menarik terutama wisata alam yang memukau dan wajib dikunjungi. Salah satunya ada di wilayah Kepulauan Seribu. Siapa yang tidak mengenal daerah yang terletak di Jakarta ini. Ada beberapa pulau menarik di dalamnya, salah satunya adalah Pulau Pari.

Wisata Pulau Pari memang sangat menyenangkan dan menjadi rekomendasi wisata alam yang wajib untuk dicoba. Bahkan banyak yang berkomentar jika Pulau Pari memiliki keindahan lebih dibandingkan Pulau Pramuka ataupun Pulau Tidung. Oleh karenanya, tidak heran jika pulau ini ramai dikunjungi wisatawan. Pulau ini juga menyajikan berbagai destinasi wisata menarik dengan lingkungan yang bersih dan indah.

wisata pulau pari
Fasilitas Wisata Pulau Pari

Selain menampilkan keindahan alamnya, untuk mendorong kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Pulau Pari ini menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Berbagai tempat umum seperti kamar mandi, toilet dan juga tempat ibadah dapat dengan mudah ditemukan. Tidak hanya itu, ada pula warung makan serta penginapan yang tersedia di dalamnya. Sehingga dapat bermalam dengan nyaman.

Sebagai tempat yang memiliki air laut yang bersih, tidak heran jika Pulau Pari ini menjadi andalan bagi Kepulauan Seribu. Tentu hal tersebut harus terus diperhatikan, mengingat banyak pula wisata menarik yang ada di Pulau Pari ini.

Rute Perjalanan Wisata Pulau Pari

Seperti yang diketahui, jika Pulau Pari terletak di Kepulauan Seribu tepatnya sebelah selatan Jakarta. Hanya dalam waktu 120 menit dengan menggunakan jalur laut dari pelabuhan Muara Angke dan dari arah Jakarta, Anda sudah sampai di wisata pulau pari. Kapal yang berangkat dari pelabuhan ini menuju Pulau Pari ada setiap jam 7 pagi dan 2 siang. Untuk per-orangnya dikenakan biaya transportasi sebesar Rp 40 ribu.

Tidak hanya dari pelabuhan Muara Angke, bagi Anda yang ingin lebih cepat dan lebih aman dapat melalui rute dari pelabuhan Marina, Ancol. Selain lebih cepat, biaya transportasinya pun jauh lebih mahal yakni sekitar Rp 150.000,- sampai dengan 170.000,- per-orang. Namun harganya tersebut sebanding dengan fasilitas keamanannya dan lebih cepat pastinya.

Itulah beberapa fasilitas yang ditawarkan wisata alam Pulau Pari. Selain itu, ada banyak kegiatan yang dapat Anda coba di pulau ini. Karena memiliki air laut yang bersih dan jernih. Selain berenang di tepi pantai Anda wajib untuk mencoba kegiatan watersport seperti banana boat atau snorkeling. Untuk dapat bermain wahana ini, Anda hanya perlu membayar biaya sewa sebesar Rp 30 ribu per-orang.

Selain itu, agar lebih puas sebaiknya juga menyewa kapal dengan harga sewa Rp 400 sampai dengan 600 ribu untuk keliling pulau. Tidak hanya pulaunya saja yang menarik, Anda juga dapat menikmati keindahan Pulau Pari dengan berkeliling menggunakan sepeda. Untuk sewa sepeda sendiri dibandrol harga mulai dari Rp 20.000 per hari.

Agar liburannya tidak sebatas menikmati alam saja, Anda juga bisa ikut serta dalam melestarikan lingkungan pantai dengan cara menanam pohon mangrove. Dengan begitu, berlibur sekalian belajar, dapat menikmati harus pula dapat melestarikannya bersama dengan para relawan setempat. Bahkan Anda juga dapat berkeliling di hutan Mangrove menggunakan kapal kecil dengan biaya sewa Rp 15 ribu.

Baca Juga: Tempat Wisata di Lombok Timur yang Asri

Destinasi Wisata Pulau Pari

Pulau Pari ini termasuk pulau yang berpenduduk. Jika dahulu orang mengunjungi pulau ini karena Pulau Tidung yang sudah penuh, namun semakin berkembangnya zaman, destinasi wisata yang ada di pulau pari juga semakin banyak dan tidak kalah menarik serta menyajikan wisata yang mengasyikan. Beberapa destinasi wisata yang ada di Pualu Pari, diantarannya:

Dermaga Bukit Matahari

Tidak hanya keindahan pantainnya, dermaga bukit matahari juga ramai dikunjungi wisatawan. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini akan memperlihatkan keindahan matahari ketika terbit dan juga tenggelam. Merkah dan surupnya matahari dipadukan dengan laut yang tenang menciptakan suasana yang begitu syahdu.

Snorkeling

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kegiatan snorkeling di pulau ini menjadi sesuatu yang harus dicoba. Pemandangan bawah laut yang indah dihiasi oleh batu karang dan juga ikan yang berwarna warni membuatnya semakin menakjubkan. Untuk mendapatkan suasana yang menyenangkan alangkah lebih baik jika melihat kondisi dan waktu yang tepat agar nantinya tidak mengecewakan.

Berbagai Macam Pantai

Suguhan yang utama dari wisata pulau pari adalah pantai. Setiap pantai memiliki ciri khas dan juga nuansanya masing-masing. Pantai di Pulau Pari hadir dengan berbagai macam diantaranya yaitu pantai bintang, pantai pasir perawan dan juga pantai pasir kresek. Pantai-pantai tersebut terlihat sangat eksotik dengan pasir putihnya.

Pantai Bintang

Sesuai dengan namanya, pantai ini terdapat banyak bintang laut yang dapat Anda lihat. Selain itu dilengkapi pula dengan fasilitas seperti hommock, tempat duduk atau pun gazebo untuk bersantai dan menikmati keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa ini. Pantai bintang ini lebih dikenal sebagai star beach. Pemandangan akan semakin menarik saat matahari tenggelam.

Pantai Pasir Kresek

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah di pantai ini terdapat banyak kresek hingga dinamakan pantai pasir kresek? Namun bukan begitu kenyataannya, sebab pantai ini terlihat sangat bersih dan terdapat penangkaran bianatang laut seperti bulu babi, ikan pari dengan berbagai jenis, bintang laut dan juga penyu. Bahkan Anda juga dapat menikmati dan membakar sendiri kuliner ikan pari.

Pantai Pasir Perawan

Pantai pasir perawan merupakan pantai yang paling populer di Pulau Pari. Bukan saja namanya yang unik namun ada cerita tersendiri dari penamaan tersebut. Menurut sejarah, dahulu ada seorang perempuan muda yang menyukai serang nelayan. Dan pada waktu itu, nelayan tersebut kembali berlayar dilautan dan tidak kembali. Sang putri terus menunggu di tepi pantai hingga ajal menjemputnya.

Itulah kenapa pantai ini disebut pantai pasir perawan. Tidak hanya itu, pasir putih yang halus dan asri menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Tidak jauh dari pantai tersebut terdapat hutan bakau yang cukup luas dan Anda dapat menyewa kapal kecil untuk berkeliling hutan dengan puas.

Wisata Kuliner Pulau Pari

Wisata pulau pari tentu tidak akan lengkap jika tanpa wisata kuliner. Ada banyak kuliner seafood yang lezat dan wajib untuk dicicipi jika berkunjung di pulau ini. Selain itu ada pula macam-macam sofenir yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau orang tercinta yang tidak ikut.

Demikian itulah keseruan berlibur di Pulau Pari. Sebenarnya masih banyak hal menarik ketika wisata Pulau Pari. Namun yang perlu diperhatikan adalah kesehatan tubuh. Usahakan tidak mabuk laut sehingga liburan kali ini akan sangat meyenangkan. Mengingat sebagian besar wisata yang ada adalah lautan dan transportasi yang digunakan menggunakan jalur laut.

You May Also Like

About the Author: Vina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *