Tempat Wisata Lombok Timur Populer

Tempat Wisata Lombok Timur – Pulau Lombok kini mulai menampakkan dirinya di dunia pariwisata. Bahkan destinasi tempat wisata pulau Lombok kini sudah dikenal hingga mancanegara. Hal ini dikarenakan, tiap destinasi tempat wisata yang ada di pulau Lombok menyuguhkan keindahan alam yang masih indah dan cantik.

Sehingga Lombok dianggap sebagai salah satu surga bagi para pencari keindahan alam. Pulau Lombok sendiri memiliki luas 5.435 km yang dibagi atas empat kabupaten dan satu kota.

Empat bagian tersebut di antaranya adalah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Utara.

Tiap-tiap kabupaten dan kota yang ada di Lombok tersebut memiliki banyak destinasi wisata yang Indah. Seperti, pulau-pulau kecil, pantai indah menawan, air terjun nan megah, hingga puncak gunung dan kawahnya.

wisata lombok timur

Tempat Wisata di Lombok Timur yang Wajib Untuk Dikunjungi

Kini tempat wisata Lombok timur menjadi salah satu primadona banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam yang disuguhkan konon masih jarang dikunjungi sehingga masih terlihat indah dan cantik. oleh karena itu, hal tersebut membuat banyak wisatawan berbondong-bondong untuk menikmati keindahan alam tersebut.

Sementara lokasi tempat wisata di Lombok timur ini juga cukup mudah dijangkau. Bahkan, ada juga destinasi tempat wisata Lombok timur yang berdekatan dengan pulau Dewata Bali dan pulau Komodo.

Ketika Anda, berlibur ke Lombok timur, Anda akan disuguhkan pemandangan gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung tertinggi yang berada di Indonesia. Inilah beberapa destinasi tempat wisata terbaik di Lombok timur.

Pantai Surga

Pantai yang menjadi salah satu wisata Lombok timur ini diapit oleh dua tebing tinggi dan menjadikannya seolah berbentuk seperti huruf U. Pemandangan yang disajikan oleh pantai surga ini bisa Andan nikmati dari atas tebing atau dengan snorkling.

Jangan lupa, ketika Anda berkunjung ke pantai surga ini, Anda membawa perbekalan dan peralatan sendiri.Hal ini harus dilakukan karena pantai surga ini masih belum dijamah oleh banyak orang. Pantai surga ini berlokasi sekitar 50 km dari kota Selong.

Sembalun

Sembalun merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah Lombok timur. Selain itu, sembalun ini juga menjadi salah satu tempat wisata Lombok timur yang paling terkenal.Sembalun ini menyajikan kepada Anda para wisatawan sebuah panorama sawah dan irigasi yang masih sangat asri dan tradisional.

Sehingga ketika Anda berkunjung disini, Anda bukan hanya menikmati keindahan alamnya saja, namun Anda juga bisa belajar sejarah tentang pertanian Indonesia pada masa lampau.

Kemudian, yang paling terkenal dari sembalun ini yaitu bukit-bukit yang dimilikinya. Bukit-bukit dan pergasingan yang dimiliki sembalun ini memberikan pemandangan berupa lembah dan sawah yang berwarna-warni dengan latar belakang bukit yang indah. Selain itu, sembalun ini juga merupakan salah satu titik pendakian ke puncak Gunung Rinjani dan danau segara anak.

Pantai Tanjung Bloam

Wisata Lombok timur memiliki banyak pantai yang Indah dan salah satunya yaitu pantai tanjung bloam. Terdapat dua jenis pantai disini. Yang pertama yaitu pantai dengan pasir putih. Namun yang paling terkenal justru pantai dengan gugusan tebing yang menjorok ke laut dengan batu berlumut yang menjulang seperti atap. Seolah ada jembatan alami yang menjadi jalan Anda ke tengah laut.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan panorama lautan yang dapat Anda lihat dan nikmati dari batu-batu cadas. Terdapat pula tebing-tebing yang tinggi dan cukup menawan.Pemandangan yang disajikan oleh pantai tanjung bloam ini seperti lukisan tiga dimensi.

Sehingga, hal tersebut membuat takjub bagi siapa saja yang datang. Tanjung bloam ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan merupakan tempat wisata Lombok timur yang terletak di desa Pemongkang Kecamatan Jerowaru. Pantai ini masih jarang dikunjungi banyak orang ini menjadikan pantai ini masih terjaga keindahannya.

Air laut yang nampak berwarna biru bersih dan pasir berwarna putih yang dimilikinya membuat pantai kaliantan semakin eksotis.Selain itu, garis pantai yang panjangnya sampau dua kilometer menyajikan keindahannya tersendiri.

Untuk mengunjungi Pantai Kaliantan, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan beroda 2 maupun kendaraan beroda 4.Hal ini dikarenakan tidak ada transportasi umum menuju kawasan pantai Kaliantan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai Kaliantan, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan muinuman sendiri. Hal ini dikarenakan tidak ada penjual di sekitar pantai.Selain itu, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan agar keindahannya tetap terjaga.

Lembah Hijau

Lembah hijau ini terletak di desa Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji. Kenapa tempat wisata Lombok timur ini dinamakan lembah hijau? Hal ini dikarenakan terdapat banyak pohon-pohon yang berwarna hijau. Selain pohon-pohon yang berwarna hijau, lembah hijau ini juga menyajikan kolam-kolam dan aneka bunga indah yang dapat memanjakan mata Anda.

Tempat wisata yang satu ini memang ditata dengan apik dan rapu untuk memanjakan Anda para pengunjung dengan nuansa yang teduh dan nyaman.

Lembah hijau ini menyediakan gazebo-gazebo untuk yang pengunjung yang datang. Nuansa yang teduh dan nyaman serta tersedianya gazebo membuat lembah hijau ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang menyenangkan dan beramai-ramai. Untuk memasuki kawasan lembah hijau ini, Anda dikenakan biaya tiket masuk Rp. 5000/orang.

Air Terjun Mangku Sakti

Selain menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, kaki gunung Rinjani juga merupakan salah satu surga bagi para pecinta kesegaran air terjun. Terdapat banyak sekali air terjun indah yang mengelilingi gunung rinjani dan salah satunya yaitu Air Terjun Mangku Sakti. Wisata Lombok Timur yang satu ini didominasi oleh banyak batuan dengan aliran air terjun yang deras.

Konon, air terjun ini merupakan aliran air dari danau di kawah Rinjani yaitu danau segara anak. Air terjun mangku sakit ini bisa Anda nikmati keindahannya baik dilihat dari dekat maupun dari jauh. Kolam di bawah air terjun ini berwarna hujau toska sehingga memberikan kesan terlihat indah dan cantik.

Baca Juga: Tempat Wisata Eksotik di Ubud Bali

Pantai Tangsi

Pantai tangsi ini merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda.  Pantai tangsi yang terletak di wilayah Jerowari, Lombok Timur ini memiliki pasir yang berwarna merah muda akibat proses alami sehingga menciptakan kesan yang indah dan memukau. Warna merah mudah yang dimiliki oleh pasir pantai tangsi ini tercipta karena adanya perpaduan antara pasir putih dengan serpihan karang merah yang sudah mati. Di sini, Anda dpat melihat gradasi warna yang sangat memukau.

Gradasi warna tersebut berasal dari pasir putih, pasir merah muda, menuju air laut toska, hingga biru gelap di kedalaman. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa naik ke bukit-bukit di sekitar pantai tangsi. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan pemandangan yang lebih luas.

You May Also Like

About the Author: Vina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *