Tempat Wisata Alam Kalibiru Jogjakarta

Wisata Alam Kalibiru– Jogja selalu memberikan pemandangan yang menarik untuk wisata dan juga budayanya. Oleh karena itu, sebagai kota pariwisata, Jogja selalu memberikan yang terbaik dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tidak terkecuali pada wisata alam Kalibiru yang menunjukan pesona layaknya di atas awan. Bagi pecinta wisata alam, Kalibiru wajib dikunjungi.

Kalibiru sendiri awalnya adalah sebuah hutan milik negara yang dijadikan tempat wisata alam yang mencuri banyak perhatian.

Berangkat dari inisiatif dan dukungan masyarakat untuk mendirikan wisata Kalibiru.

Hal ini mengingat semata-mata sebagai bentuk kepedulian terhadap hutan. Mengingat hutan yang rindang, sejuk dan menawan ini awalnya merupakan hutan tandus yang gersang.

wisata alam kalibiru

Namun dengan adanya dorongan dari masyarakat sekitar yang berupaya untuk menciptakan lingkungan yang asri, maka dengan proses yang panjang, terwujudlah hutan ini. Yang menarik dari Kalibiru yakni tidak hanya menyajikan pemandangan hamparan hijau dari hutan tetapi juga bebukitan yang begitu menakjubkan. Pesona ini dapat Anda nikmati dari atas gardu pandang yang disediakan oleh pihak pengelola.

Fasilitas Wisata Alam Kalibiru

Selain pemandangan yang begitu menarik, wisata alam dengan ketinggian 450 mdpl ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap termasuk penginapan. Sebab di dalam wilayah Kalibiru terdapat home stay yang dapat Anda sewa untuk bermalam.

Selain itu, fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet dan juga mushola juga tersedia secara bersih dan juga terawat dengan jumlah yang cukup banyak.

Kemudian, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir, sebab lahan parkir yang tersedia termasuk luas dan aman. Terdapat pula fasilitas lain seperti cafe, aula joglo dan juga area bebas WiFi.

Fasilitas-fasilitas tersebut tentu cukup membuat Anda merasa lebih nyaman berada di wisata ini.

Tidak cukup sampai di situ, bagi Anda yang menyukai berbagai permainan atau kegiatan yang menantang.

Wisata alam kalibiru juga menyediakan berbagai wahana permainan outbond seperti trekking, flying fox dan lain sebagainya.

Banyak spot foto menarik yang harus Anda coba untuk menghasilkan koleksi foto yang terbaik.

Rute Perjalanan Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru sendiri terletak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota. Lebih tepatnya, Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk sampai ke wisata ini, Anda harus melewati perjalanan yang cukup menantang karena banyak jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Ada beberapa rute yang dapat diambil agar perjalanan lebih cepat dan mudah. Akan sangat disarankan untuk memilih rute perjalanan yang kuat agar meminimalisir resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa alternatif rute yang dapat Anda pilih, di antaranya adalah:

  • Rute Kota

Dari beberapa rute, rute kota ini yang jarang sekali pengunjung ambil. Sebab kebanyakan yang datang bukan dari arah kota. Namun bagi Anda barangkali berada di pusat kota atau Malioboro dan hendak ke Kalibiru, maka dapat dengan mudah mengambil rute yang ini.

Anda dapat mengambil arah purworejo sampai ke terminal Wates. Setelah itu ikuti petunjuk jalan yang ada menuju arah Waduk Sermo. Kemudian, Anda hanya tinggal mengikuti kembali petunjuk jalan rute Sermo ke Kalibiru yang sudah tersedia.

  • Rute Sermo

Seperti yang disinggung sebelumnya, rute Sermo ini paling banyak dipilih oleh para wisatawan. Karena tidak hanya aksesnya yang lebih baik, Anda juga akan melihat pemandangan menarik disepanjang jalan berupa pemandangan Waduk Sermo.

Sebelum sampai di Sermo, rute yang ditempuh melewati daerah Sentolo menuju ke Pengasih. Kemudian masuk pada area Wates menuju arah alun-alun wates.

Dari situ melewati RSUD Wates, kemudian Beji dan barulah sampai di Sermo. Dari arah Sermo ini, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang ada di sepanjang jalan menuju wisata alam Kalibiru. Namun perlu hati-hati karena banyak jalan yang menanjak dan curam serta liukan yang cukup menakutkan.

  • Rute Clereng

Dibanding rute Sermo, rute Clereng ini dinilai lebih cepat dan lebih aman. Sebab jalan yang dilalui tidak begitu menanjak dan berkelok seperti rute Sermo. Untuk menggunakan arah ini, rute yang ditempuh yakni melewati daerah Sentolo menuju Pengasih. Dari perempatan Pengasih ambil arah kanan menuju daerah Clereng.

Dari situ, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir tersesat atau salah arah. Dan Anda dapat mencapai wisata Kalibiru yang menyenangkan tersebut.

Itulah berbagai rute yang dapat Anda pilih. Harga masuk wista alam Kalibiru juga cukup terjangkau. Dimana per orang akan dikenaan tarif masuk sebesar Rp 15.000,-. Selain itu, untuk biaya parkir mobil cukup Rp 5.000,- dan motor cukup Rp 2.000,- saja.

Jika ingin menikmati spot-spot foto menarik Anda harus membayarnya sebesar Rp 10.000 sampai Rp 15.000,- serta Rp 35.000,- jika ingin mencoba berbagai spot game.

Baca Juga: Wisata di Pulau Pari

Tips Liburan di Kalibiru

Sebagai wisata yang ciamik dalam sosial media, tentu akan membuat berbagai foto yang Anda ambil akan terlihat lebih instagramable.

Namun agar dapat menikmati keindahan dan juga nuansa yang pas, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Waktu Berkunjung yang Tepat

Agar tidak mengecewakan, akan sangat disarankan untuk berkunjung di waktu yang tepat. Di mana sebaiknya berkunjung di musim hujan atau musim setelah hujan. Sebab, waktu ini akan memperlihatkan hutan yang hijau asri menyegarkan.

Selain itu pilihlah waktu senja atau sore hari. Dengan begitu akan melihat keindahan matahari tenggelam yang begitu menawan.

  • Bawa Kamera Terbaik untuk Nikmati Keindahan dari Gardu Pandang

Pohon pinus yang menjulang dan berjejer yang terletak di tepi jurang, terpasang garpu pandang yang siap memperlihatkan keindahan alam. Tidak lengkap jika tidak melihat pemandangan alam dari atas gardu ini.

Layaknya di atas awan pemandangan hijau menyejukan dan juga perbukitan yang membuat semakin menarik.

Anda juga dapat melihat waduk sermo serta pegunungan menoreh dari atas gardu. Nah, pastikan Anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen liburan kali ini.

  • Menikmati Spot Game

Tersedia banyak permainan yang harus Anda coba seperti Flaying Fox, Trekking dan juga High Rope. Wahana outbond ini berbeda dengan yang lainnya karena ada sensasi unik tersediri. Selain menikmati alam, Anda juga dapat mengasah kemampuan adrenalin.

Ada banyak rute perjalanan treking yang dapat ditempuh baik dekat atau pun jauh dengan begitu tidak akan membosankan.

Demikian itu berbagai hal mengenai pesona wisata alam Kalibiru. Agar tetap lestari maka sebagai pengunjung harus mematuhi tata tertib yang diterapkan oleh pihak pengelola.

Bukan Jogja namanya jika tidak menghadirkan wisata menarik. Bahkan ada banyak wisata alam lain yang terletak di sekitar Kalibiru. Diantaranya Pantai Trisik, Goa Kiskendo, Puncak Widosari, Gunung Gajah Kulon Progo, Kedung Pedut dan lain sebagainya.

You May Also Like

About the Author: Vina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *