Tips Membeli HP Bekas

Tips Membeli HP Bekas – Alasan utama orang membeli hp bekas adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Tapi yang menjadi masalah adalah, kita tidak tahu persis bagaimana kondisi dari ponsel bekas tersebut. Bisa saja dari luar nampak mulus, tetapi cacat di bagian dalamnya. Untuk itu kita harus jeli sebelum memutuskan membeli smartphone second.

Nah, berikut beberapa tips membeli HP bekas agar mendapatkan harga dan kualitas yang masih bagus.

1#. Cek harga hp yang diincar

cek harga hp bekas

Tujuan dari membeli hp bekas adalah ingin mendapatkan harga yang murah. Maka dari itu, salah satu poin pentingnya adalah melakukan riset harga pasaran hp bekas yang kita inginkan. Jangan sampai kita malah membeli dengan harga yang lebih mahal dari harga barunya.

Di zaman sekarang untuk cek harga hp juga sudah sangat mudah. Banyak situs-situs yang menampilkan harga ponsel baik baru maupun bekas, misalnya di iprice.co.id

2#. Cek kondisi fisik dan fitur

Jika kamu membeli secara offline, cek terlebih dahulu semua kondisi fisiknya. Dimulai dari layar apakah ada garis atau retak. Kemudian bagian cover dan baut-baut apakah ada bekas pernah di service.

Cek juga semua tombol dan pastikan semuanya berfungsi normal. Jangan lupa untuk memasukan SD Card (jika terdapat slot) untuk mengetahui apakah masih bisa membaca memori ekternal. Masukan juga kartu SIM, untuk memastikan ponsel tersebut bisa dipakai untuk aktivitas komunikasi.

Selain itu, pastikan kamu sudah paham semua fitur hp bekas yang mau dibeli. Sehingga ketika berhadapan dengan penjual, kamu bisa langsung melakukan tes terhadap semua fitur-fitur yang ada di ponsel tersebut.

Tapi bagaimana jika membeli secara online? Pertama, cari tempat jual beli hp bekas online yang rekomended. Kedua, minta dibuatkan video review kepada penjual. Ketiga, jika sudah yakin, ajaklah untuk bertransaksi kepada penjual secara offline dan ulangi pengecekan yang sudah disebutkan di atas.

3#. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual

Hal yang sering dilakukan ketika membeli hp bekas adalah malas bertanya kepada penjual. Kita hanya iya, iya dan iya ketika penjual menjelaskan tentang kondisi ponsel yang dijual. Tentu ini sangat riskan bagi kita mendapatkan hp bekas dengan kondisi yang buruk.

Oleh karena itu, jangan ragu dan malu untuk menanyakan kekurangan ponsel yang dijual. Seperti menanyakan apakah pernah jatuh, kemasukan air, konsleting, dan lain-lain.

4#. Cek kelengkapan dan bonus

Meskipun membeli hp bekas, bukan berarti kita mengabaikan kelengkapannya. Seperti charger, headset dan dusbook. Hal ini juga memastikan kalau ponsel yang dijual bukan bekas curian atau temuan. Selain itu, biasanya hp bekas sudah dilengkapi dengan screen protector. Tentu ini menjadi nilai +.

5#. Cek nomor IMEI

tips membeli hp bekas

Tips membeli hp bekas selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap nomor IMEI. Nomor IMEI merupakan identitas dari ponsel tersebut. Periksa apakah nomornya sama dengan yang ada di dus atau tidak.

Pengecekan nomor IMEI penting sekali dilakukan, mengingat banyak sekali smartphone-smartphone replika atau kw yang beredar di pasaran. Misalnya saja hp Samsung yang sudah banyak sekali versi replikanya, dari harga yang murah hingga yang mahal. Lebih lengkap tentang nomor IMEI, silakan baca cara cek IMEI Samsung.

6#. Cari yang masih bergaransi

Tips berikutnya adalah cari hp bekas yang masih memiliki garansi. Meskipun sulit, namun sebenarnya banyak sekali ponsel bekas yang dijual dan masih memiliki garansi yang cukup panjang. Biasanya mereka menjual lagi karena memang tidak cocok atau mungkin bekas review.

Nah, hp bekas yang seperti inilah yang mesti kamu incar. Selain kualitasnya pasti masih bagus, harganya pun lebih murah jika dibanding membeli baru.

7#. Bandingkan dengan yang lain

Jika kamu sudah mengecek semuanya dan everything is ok, jangan terburu-buru untuk melakukan pembelian. Coba cari perbandingan, baik harga maupun kondisi di tempat atau penjual lain.

Baca Juga: 9 Jenis Layar Smartphone 

7#. Nego harga

Nego harga membeli hp bekas

Langkah terakhir, adalah negosiasi harga.¬† Gunakan kondisi berikut sebagai ‘senjata‘ untuk menawar harga yang lebih murah.

  • Garansi habis.
  • Aksesoris tidak lengkap.
  • Ada lecet dan baret di bodi.

Tapi perlu diingat, hargailah penjual dengan tidak menawar harga terlalu sadis.

Demikian beberapa tips membeli HP bekas untuk kamu yang ingin membeli ponsel seken dalam waktu dekat. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Rina Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *