Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah Yang Benar

Secara umum artikel ilmiah termasuk karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau kumpulan artikel ilmiah lainnya. Artikel ilmiah ditulis sesuai dengan tata cara penulisan ilmiah yang ada. Bentuk artikel ilmiah ada dua, yaitu artikel konseptual yang merupakan artikel yang didasarkan pada ide atau gagasan penulis dan artikel penelitian yang merupakan artikel yang diangkat dari suatu hasil penelitian.

Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah Yang Benar ini sedikit berbeda dengan artikel lainnya. Artikel ilmiah bersifat ilmiah dan sistematis. Terkadang artikel ilmiah juga menampilkan angka atau fakta yang dapat memperkuat artikel tersebut. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi yang nyata dan dianggap oleh pembaca sebagai dasar ilmu yang dipelajari. Oleh karena itu, sumber yang diperoleh tidak hanya berdasarkan satu sisi saja.

Sebuah judul

Judul artikel informatif, lengkap, tidak terlalu panjang atau pendek, yaitu antara 5-14 kata. Judul artikel memuat variabel yang dipelajari atau kata kunci yang mendeskripsikan masalah yang diteliti.

Nama penulis

Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar. Nama penulis adalah alamat korespondensi penulis, nama lembaga tempat penulis bekerja, dan alamat lembaga.

Nama sponsor riset dituliskan sebagai catatan kaki di halaman pertama, atau sebagai catatan akhir di akhir artikel.

Abstrak dan kata kunci

Abstrak berisi pernyataan singkat dan ringkas tentang ide-ide terpenting. Abstrak ditulis dengan tepat dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan baik. Terjemahan judul artikel dalam bahasa Indonesia muncul di baris pertama abstrak bahasa Inggris. Abstrak panjangnya 50-75 kata dan ditulis dalam satu paragraf.

Abstrak ditulis dalam satu spasi dengan format yang lebih sempit dari teks utama. Kata kunci adalah kata-kata utama yang mendeskripsikan bidang masalah yang diteliti atau istilah-istilah yang merupakan pemikiran dalam kerangka aslinya, berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata kunci sekitar 3-5 buah. Kata kunci diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah. Dengan kata kunci, Anda dapat menemukan judul penelitian dan abstraknya dengan mudah.

Pendahuluan

Bagian ini menyajikan tinjauan pustaka dengan sekurang-kurangnya tiga gagasan, yaitu latar belakang (baca : contoh latar belakang), pola pikir masalah, rumusan tujuan penelitian dan harapan tentang manfaat hasil penelitian.

Apa yang dimaskud dengan metode dalam sistematika penulisan artikel?

Metode

Bagian ini menyajikan bagaimana penelitian itu dilakukan. Pokok bahasan pada bagian ini adalah bagaimana data dikumpulkan, siapa sumber datanya, dan bagaimana data tersebut dianalisis. Jika data disajikan dalam subbagian maka subbagian tersebut meliputi informasi tentang populasi dan sampel, instrumen informasi data, desain penelitian dan teknik analisis data. Dalam penelitian yang menggunakan alat dan bahan perlu dituliskan spesifikasi alat dan bahan tersebut.

Hasil

Bagian ini adalah bagian utama dari sebuah artikel ilmiah, jadi biasanya merupakan bagian terpanjang. Bagian ini menyajikan hasil analisis data dan hasil bersih diperoleh. Proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan, termasuk perbandingan antara koefisien yang terdapat pada analisis dengan koefisien pada tabel statistik.

Diskusi

Tujuan diskusi adalah untuk menjawab masalah peneliti atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian dicapai, menafsirkan temuan, mengintegrasikan temuan penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang mapan, dan merumuskan teori baru atau memodifikasi teori yang ada.

Kesimpulan dan saran

Kesimpulan memberikan ringkasan yang disajikan pada bagian hasil dan pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk esai, bukan dalam bentuk numerik. Saran disusun berdasarkan kesimpulan yang telah diambil. Saran dapat merujuk pada tindakan praktis, atau pengembangan teoritis, dan penelitian lanjutan.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka harus lengkap sesuai dengan pustaka yang terdapat pada badan artikel ilmiah. Daftar pustaka yang termasuk dalam daftar pustaka harus disebutkan di dalam artikel. Demikian juga, semua referensi yang disebutkan dalam harus disajikan dalam daftar referensi.

Demikian artikel yang berjudul Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah Yang Benar tersebut, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Rina Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *