Mengenal Pengertian Power Supply Berserta Fungsinya

Istilah power supply atau catu daya memang tidak terlalu asing di telinga, bukan? Terlebih untuk Anda yang memang berkecimpung di dunia elektro.

Meskipun penggunaan power supply sangat sering ditemukan di sekitar, namun ada juga yang belum paham mengenai apa itu alat catu daya dan juga fungsinya.

Oleh karenanya, penting rasanya kami ulas mengenai power suppy ini secara lebih detail. Bukan sekedar memahami apa itu rangkaian power supply tapi pembahasan terkait juga akan disampaikan kali ini.

power supply

Pengertian Power Supply dan Fungsinya

Power supply merupakan salah satu perangkat yang disebut juga dengan istilah alat catu daya.  Dimana alat catu daya ini berfungsi untuk menjadi sumber tenaga, serta memberikan suplai daya pada perangkat elektronik lainnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa tegangan listrik utama yang berasal dari PLN pada umumnya menggunakan jenis arus AC atau arus bolak-balik. Lain hal nya dengan jenis arus yang ada dibutuhkan untuk hunian, yakni arus DC. Jenis arus searah ini sangat dibutuhkan untuk mengoperasikan beragam perangkat elektronik.

Oleh karenanya untuk dapat digunakan, arus bolak balik (AC) ini perlu diubah terlebih dahulu menjadi arus searah (DC). Proses perubahan antar arus inilah yang membutuhkan perangkat berupa power supply.

You May Also Like

About the Author: Rina Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published.