6 Kamera Untuk Wedding Paling Populer dan Berkualitas

Berbicara mengenai kamera untuk wedding haruslah memilih yang tepat bukan hanya sesuai kebutuhan saja. Sebab pernikahan adalah momen penting yang sepatutnya menjadi kenangan terindah. Maka, momen-momen yang diabadikan wajib memiliki kesan tersendiri di dalamnya.

Oleh sebab itu, di samping mempercayakan kebutuhan fotografi pada ahlinya, dibutuhkan pula jenis kamera yang mendukung. Saat ini terdapat beberapa jenis kamera berkualitas yang sangat populer digunakan untuk wedding atau pernikahan.

6 Kamera Untuk Wedding Paling Populer

Kamera Untuk Wedding

Di sebut-sebut apabila menggunakan kamera tersebut, hasil fotonya luar biasa bagus dan momen-momen bahagia pun selalu berhasil diabadikan dengan baik. Maka, di pasaran terdapat berbagai kamera terbaik dengan kelebihannya masing-masing.

Penasaran kamera apa saja yang cocok digunakan untuk kebutuhan wedding tersebut? Langsung saja, simak beberapa kamera untuk pernikahan berikut ini:

Canon EOS 1D X

Kamera yang satu ini memiliki 61 titik autofokus yang bisa diandalkan. Meski kamera ini hanya memiliki resolusi 16 megapiksel, titik autofokusnya tadi menjadi faktor pendukung yang bagus. Sehingga gambar dan video yang dihasilkan terlihat bagus dan indah.

Terlebih saat Anda mengambil gambar still-life, hasilnya bisa lebih memuaskan lagi. Terdapat berbagai fitur yang bisa berguna dan memperindah hasil dari foto maupun video. Mengadakan pesta wedding di dalam maupun di luar ruangan, tidak akan menjadi masalah dalam hal pencahayaan sekalipun.

Nah, kamera ini dinilai cukup mahal karena fitur-fiturnya cukup lengkap dan mumpuni. Misalnya saja dalam proses videografi, Canon EOS 1DX memiliki fitur handal yang mana Anda bisa memilih resolusi full HD 1080/30p dari 2 bentuk ALL-1 dan IPB.

Untuk pilihan IPB, penyatuan tiap gambar menghasilkan file lebih berkualitas dengan ukuran lebih besar dan juga mudah untuk diedit. Sedangkan IPB dengan key-frame, penyatuan gambarnya justru menghasilkan file yang relatif kecil dan nantinya akan lebih sulit untuk diedit.

Canon EOS 6D

Kamera untuk pernikahan ini memiliki sensor CMOS full-frame disertai dengan resolusi 20 megapiksel. Sistem autofokusnya mencapai 11 titik dan dilengkapi oleh prosesor digic 5+, yang bisa membuat kamera ini mengambil gambar secara terus-menerus.

Karena continues shooting-nya sangat cepat mencapai 4.5 fps. Kamera ini memiliki fitur untuk merekam video dengan format HD 1080, yang kecepatan rata-ratanya mencapai 30 fps. Selain itu, kamera ini dibekali dengan fitur untuk menghapus debu yang terletak pada sensornya.

ISO kamera ini ialah 100 hingga 25.600 dan masih bisa ditingkatkan lagi hingga 102,400. Canon EOS 6D sudah dilengkapi dengan GPS dan port HDMI. Kamera ini pun memiliki bentuk yang cukup mungil dan menarik. Namun, kamera ini tidak memiliki fitur built-in-flash dan juga slot penyimpanan untuk sd cardnya hanya terdapat satu slot saja.

Nikon D800

Kamera untuk pernikahan yang selanjutnya adalah Nikon D800. Kamera ini telah dilengkapi dengan sensor CMOS full-frame dengan resolusi 36.3 megapiksel. Sistem autofokus yang dimilikinya cukup memuaskan yakni mencapai 51 titik.

Kamera yang satu ini bisa lebih memuaskan jika yang menggunakannya adalah fotografer profesional. Sebab kamera ini memang ditujukan untuk kebutuhan para fotografer pro. Nah, kamera ini pun menghasilkan gambar dan video dengan kualitas yang luar biasa.

Sehingga kamera ini tidak boleh dilewatkan untuk acara pernikahan Anda. Dengan fitur sistem autofokus dan resolusi sensor kamera yang tinggi, kamera ini bisa dipilih untuk pernikahan Anda.

Canon EOS 5D Mark III

Kamera besutan Canon ini menawarkan resolusi yang berkualitas yaitu sebesar 22 megapiksel. Selain itu di dalamnya disematkan dua slot SD card untuk menampung momen-momen pernikahan Anda.

Bukan hanya itu, burst images kamera ini bisa mencapai 6 fps, 61 titik fokus dengan 41. Sedangkan untuk ISO yang bisa dipilih, dari 100 sampai dengan 25600. Fitur lengkap ini membuat Canon EOS 5D Mark III sangat cocok untuk wedding.

Untuk pernikahan outdoor, tidak ada salahnya jika menggunakan fitur weathershield yang handal untuk berbagai cuaca. Selain itu, kamera ini telah dilengkapi dengan modus metering yang akurat dilengkapi oleh kinerja merekam video berkualitas dengan hasil yang fantastis.

Baca Juga: 7 Jenis Lensa Kamera Terbaik Untuk Fotografi

Mirrorless Sony A7S MARK II

Mirrorless yang satu ini mampu merekam video hingga 4K, ditambah lagi dengan frame rate hingga 120fps. Selain itu, kualitas videonya jernih dan ISO yang terdapat di dalamnya mencapai 409.600. Kamera dari Sony ini cukup ringan karena memiliki bobot 599 gram saja.

Sedangkan untuk resolusi dari kamera ini sebesar 12.2 megapiksel. Meski resolusi kameranya terbilang standar, kamera ini telah dilengkapi stabilizer 5 axis yang bisa membuat hasil foto dan juga video tetap tajam karena sudah dipastikan akan tahan terhadap guncangan.

Sony Alpha 7R II

Kamera besutan Sony yang selanjutnya ini memiliki resolusi kamera sebesar 42.4 megapiksel. Di samping itu, kemampuan merekam videonya bisa mencapai 4K (3840×2160). Kamera mirrorless ini memiliki 2 slot kartu memori yang bisa dipergunakan sekaligus.

Sehingga Anda bisa menampung banyak momen-momen pernikahan mulai dari foto hingga video tanpa takut memori terisi penuh. Maka dari itu, Sony Alpha 7R II ini bisa dijadikan alternatif sebagai kamera untuk pernikahan Anda.

Demikianlah tadi beberapa jenis kamera untuk wedding yang bisa Anda pilih. Anda pun bisa mempertimbangkan spesifikasi hingga kelebihan dari masing-masing kamera di atas. Sehingga momen pernikahan bisa lebih berkesan apabila diabadikan dengan kamera wedding yang tepat.

You May Also Like

About the Author: Rina Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *