Rekomendasi Desa Wisata di Bali Terbaik

Desa Wisata di Bali Terbaik – Bali merupakan salah satu kawasan atau wilayah yang menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bali dianggap sebagai salah satu surga bagi para peselancar maupun olahraga air lainnya. Selain itu, beli menyuguhkan beberapa destinasi wisata. Misalnya, pesona alam pulau Dewata Bali yang menawarkan banyak hal untuk bisa dinikmati.

Anda juga dapat menikmati keindahan pegunungan maupun sawah terasering yang menjadi destinasi tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati pertunjukkan budaya yang ada di Bali. Misalnya, pertunjukkan tari. Ketika, Anda berkunjung ke Bali, pasti Anda akan disuguhkan dengan kebudayaan Bali tersebut. Hal ini dikarenakan, kebudayaan masyarakat Bali kerap sekali menjadi suatu hal yang menarik untuk di perhatikan.

desa wisata di bali

Kebudayaan masyarakat Bali juga masih sangat kental dan belum terkikis oleh zaman modern seperti sekarang ini. Selain keindahan pulau dewata, Anda juga dapat menikmati keindahan sejumlah alam pedesaan yang ada di Bali. Suasana desa yang cantik, tenang, bahkan unik dengan berbagai warisan budaya dan adat tradisinya yang masih bertahan dari masa ke masa bisa Anda nikmati sekarang.

Desa Wisata di Bali dengan Keunikannya Masing-masing

Daya tarik wisata Bali memang didominasi dengan keindahan alam pantainya. Terutama pantai yang berada di wilayah Bali Selatan. Bahkan kawasan tersebut sudah menjadi pusat pariwisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, tahukan Anda, saat ini juga terdapat sejumlah desa wisata yang sedang populer di Bali.

Sejumlah desa yang dulunya tidak atau belum dikenal oleh banyak orang, sekarang ini berubah menjadi destinasi wisata yang sedang hits dan populer. Desa-desa tersebut menawarkan pesona alam, budaya hinggan tradisi uni yang dimiliki. Nah, bagi Anda yang penasaran tentang desa wisata bali ini, Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini.

Desa Wisata Penglipuran di Bangil

Desa wisata bali yang pertama yaitu desa wisata penglipuran di bangil. Desa penglipuran ini menyajikan pemandangan alam pedesaan yang sangat cantik, indah, asri dan unik. Desa penglipuran ini menjadi sebuah pemukiman unik yang tertata sangat cantik namun tidak meninggalkan unsur khas Bali. Seperti, setia rumah tradisional adat bali ini memiliki luas dan pintu gapura yang sama.

Selain itu, setiap rumah juga dibangun menggunakan tembok yang terbuat dari tanah dan beratapkan bambu. Hal ini dikarenakan rumah tradisional adat bali ini merupakan warisan budaya bali kuno yang sudah ada sejak jaman dahulu. Desa Penglipuran ini memiliki luas 112 hektar, di mana dari total luas daerah tersebut hanya sekitar 9 hektar saja yang digunakan sebagai rumah. Sementara, sisa lahannya digunakan sebagai lahan perkebunan warga sekitar.

Mengenai akses ke desa penglipuran ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menempuh jarang kira-kira 53 km dari Kuta Bali. Sedangkan, untuk harga tiket masuk desa penglipuran ini bagi wisatawan dewasa dibanderol dengan harga Rp. 15.000 dan anak-anak Rp. 10.000.

Desa Wisata Tenganan Di Karangasem

Destinasi tempat desa wisata bali selanjutnya yaitu desa tenganan yang terletak di wilayah Bali Timur. Desa tenganan ini salah satu dari tiga desa Bali Aga atau desa adat Bali Kuno. Desa ini masik mempertahankan budaya dan tradisi unik warisan tempo dulu. Misalnya, dalam transaksi jual beli, desa tenganan ini masih menerapkan sistem tukar menukar barang. Selain itu, desa tenganan ini juga masih mempertahankan rumah tradisional yang merupakan warisan budaya Bali kuno.

Begitu juga dengan jalan desa tenganan, jalan tersebut memang sengaja dibuat masih berupa jalan tanah dan berbatu. Kemudian, desa tenganan ini juga memiliki tradisi unik yang dikenal dengan nama perang panda atau mekare-kare. Perang pandan ini menjadi salah satu atraksi wisata tahunan. Sedangkan, profesi masyarakat desa tenganan ini kebanyakan sebagai petani dan seniman. Untuk tiket masuk desa tenganan ini dibanderol dengan harga kira-kira Rp. 15.000 (sudah termasuk parkir).

Desa Trunyan Kintamani

Desa trunyan merupakan sebuah desa adat yang terletak di kecamatan Kintamani. Selain itu, desa ini juga merupakan salah satu desa tertua atau Bali Aga yang terletak di antara desa kintamani dan danau batur. Desa ini menjadi salah satu desa wisata bali karena memiliki tradisi pemakaman yang unik yang mana saat meninggal, jenasahnya ditaruh dibawah pojon menyan dan hanya dikelilingi dengan anyaman bambu yang dikenal dengan nama ancak saji. Tradisi pemakaman tersebut dinamakan seme wayah.

Desa Celuk Sukawati

Desa wisata bali selanjutnya yang wajib Anda kunjungi selama liburan di Bali yaitu Desa Celuk. Desa celuk ini terletak di kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali. Desa ini terkenal akan pengrajin perak. Di sini, Anda bukan hanya bisa membeli hasil kerajinan peraknya saja, namun Anda juga bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan perak tersebut. Selain hasil kerajinan perak, disini juga terdapat hasil kerajinan emas.

Baca Juga: Wisata di Ubud Bali

Desa Batubalan Gianyar

Di desa Batubalan ini, Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukkan seni tari tradisional bali. Selain itu, Anda juga bisa melihat seni patung dan kerajinan seni khas Bali lainnya. Beberapa seni tari yang dipertunjukkan di desa batubalan ini adalah tari barong, tari legong dan tari kecak. Bagi Anda yang ingin menyaksikan tari barong di desa batubalan ini, pementasan tersebut diadakan setiap hari di beberapa lokasi tertentu.

Sedangkan jadwal pementasan taru barong tersebut diadakan setiap pukul 9 hingga 10 WITA. Sementara lokasi tarian barong ini berada di 3 titik, di antaranya di Jl. Raya Batu Bulan No. 63 C, Jl, Pasekan dan Jl, SMKI. Nah, bagi Anda yang berminat menyaksikan pertunjukkan kesenian tari yang ada di desa Batubalan tersebut, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 100.000/orang.

Desa Wisata Pemuteran Buleleng

Desa wisata bali ini menjadi salah satu spot snorkeling terbaik dan paling populer di Bali. Hal ini dikarenakan desa di buleleng ini akan memanjakan Anda dengan pesona pantai pasir putih yang indah dan eksotis. Selain itu di desa ini, Anda juga akan terpesona dengan keindahan matahari terbenam. Tak hanya itu saja. Kawasan perbukitan di desa ini juga sangan rekomended untuk dijadikan objek wisata.

Spot yang paling terkenal untuk menikmati desa pemuteran ini dari ketinggian yaitu bukit batu kursi. Untuk sampai ke puncak bukit tersebut, Anda harus menaiki beberapa anak tangga.

Desa Bongkasa Pertiwi Badung

Desa wisata bali yang satu ini terletak di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Hal yang menjadi desa Bongkasa Pertiwi menjadi salah satu desa wisata di Bali yaitu desa ini menawarkan wisata alam yang terdapat di desa Swing.

Desa swing tersebut menawarkan spot foto menarik dengan latar pemandangan alam dan sungai ayung. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata kopi. Di sini Anda bisa melihat secara langsung bagaimana mengolah kopi dan edukasi pemeliharaan luwak.

You May Also Like

About the Author: Vina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *