Benda yang Terbuat dari Logam

Benda yang Terbuat dari Logam – Logam sangat berperan dalam banyak tahapan penting pada sejarah perkembangan umat manusia. Setelah selesainya zaman megalitikum, manusia praaksara mulai menggunakan bahan-bahan dari logam untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, baik dalam bentuk murni maupun kombinasi dengan jenis logam lainnya untuk dijadikan berbagai objek, sperti peralatan, senjata, perhiasan, hingga karya seni.

Hingga kini, logam masih sangat diandalkan dalam pembuatan berbagai macam objek guna memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Dalam perkembangannya, kini logam masih hadir dalam bentuk alami sebagai bijih, pun melebur bijih dan menggabungkannya dengan jenis logam lain untuk membuat jenis logam baru.

Logam memiliki peranan yang penting dalam berbagai industri, seperti pesawat terbang, mobil, mesin, komputer, bagaian-bagian di kendaraan bermotor, pisau, kaleng minuman, dan masih banyak lagi.

Hal ini membuktikan, bahwa jika material ini menjadi unsur yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tak heran, berdasarkan data, kebutuhan atau permintaan akan logam mengalami peningkatan setiap tahunnya. Nah, selain benda-benda di atas, apa saja benda yang terbuat dari logam di sekitar Anda?

Macam Benda Berbahan Dasar Logam

sendok logam

Logam banyak dijadikan bahan dasar benda-benda di sekitar kita karena sifatnya yang tahan lama, tahan pakai, kuat, tahan air, tajam, konduktor listrik yang baik, dan juga bersifat magnetis.

Logam juga mudah ditempa, sehingga tak heran masih dijadikan bahan dasar hingga kini. Berikut ini beberapa benda yang terbuat dari logam dan dengan mudah Anda dapatkan manfaatnya dalam keseharian, yaitu sebagai berikut:

1. Uang koin

Koin terbuat dari potongan logam dan beberapa ahan campuran lain, seperti plastik bulat – datar yang biasanya tergantung pada negara atau nilainya. Koin seringkali memiliki gambar, angka, atau teks, yang semuanya dibuat mengguanakan logam. Koin juga ada yang terbuat dari logam mulia dan disimpan sebagai koin batangan.

2. Sendok dan garpu

Sendok dan garpu yang biasa digunakan sehari-hari untuk makan banyak sekali cara membuatnya dan bentuknya. Sendok dan garpu yang terbuat dari logam biasanya berasal dari jenis perak murni, paduan perak nikel, ataupun stainless steel.

3. Pisau

Pisau merupakan salah satu yang paling awal digunakan oleh manusia sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dari keberadaan Oldowan. Seiring dengan masuknya zaman logam, pisau pun kini banyak yang terbuat dari bahan tembaha, perunggu, besi, baja, keramik, bahkan titanium.

4. Penggaris

Penggaris dibuat dari berbagai bahan berbeda dengan berbagai macam ukuran. Sejak masuknya zaman logam, penggaris mulai banyak dibuat menggunakan logam, karena sifatnya yang lebih tahan lama.

5. Kunci

Kunci merupakan salah satu benda yang terbuat dari logam potongan kecil, termasuk kuningan, kuningan berlapis, perak nikel, dan baja.

6. Perhiasan

Perhiasan merupakan salah satu jenis aksesoris yang banyak digunakan orang. Sejak masa praaksara, logam sudah banyak dimanfaatkan untuk pembuatan perhiasan, seperti cicin, kalung, anting, gelang, liontin, kancing, bros, dan sebagainya.

7. Setrika

Jenis logam pada setrika yang biasa digunakan adalah besi yang tahan pada suhu operasi antara 121°C hingga 182°C. Logam pada setrika terdapat pada pelat setrika yang digunakan untuk melonggarkan ikatan antara rantai panjang molekul pada bahan serat polimer.

Baca juga: Pengertian Logam, Sifat dan Jenisnya

8. Pipa

Pipa bukan hanya terbuat dari fiberglass, ada juga yang terbuat dari logam. Jenis logam pada pipa biasanya baja atau besi, namun rentan korosi.

You May Also Like

About the Author: Rina Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *